Ragam Kabar Berita

peningkatan kualitas guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Oleh DETMinggu, 06 Mei 2018 23:09 WIB | Dibaca 262 kali
peningkatan kualitas guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku muali tahun 2005.

Pendidikan Profesi Guru atau biasa disingkat PPG merupakan pendidikan tinggi yang ditempuh oleh sarjana untuk memenuhi kualifikasi sebagai guru profesional. Adapun setelah lulus PPG, peserta berhak memperoleh sertifikat pendidik dan mendapat gelar Gr. Program ini adalah implementasi dari telah disahkannya UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Lulusan PPG diharapkan menjadi guru-guru yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman. Program Profesi Guru terdiri dari PPG pra jabatan dan PPG dalam jabatan. PPG pra jabatan ditujukan kepada para sarjana yang ingin menjadi guru, namun belum mengajar secara resmi di sekolah. Sementara PPG dalam jabatan ditujukan kepada para guru yang sudah mengajar di sekolah. Pendidikan profesi guru tidak hanya ditujukan kepada para sarjana pendidikan, namun juga kepada para sarjana yang keahliannya serumpun dan berminat menjadi guru dapat mendaftarkan diri.

Menurut Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Zulkifli Kamal, S.Pd selaku ketua Panitia PPG Kabupaten menjelaskan bahwa PPG dimorotai dilaksanakan pada hari senin (7/5) dan dibagi dalam 3 sesi, diikuti seluruh guru yang terdaftar dalam kegiatan PPG ini. Zulkifli menjelaskan juga kegiatan PPG ini merupakan kegiatan profesi untuk meningkatkan kualitas guru itu sendiri. "jadi kami berharap PPG ini mampu menambah kualitas dan kreatifitas guru di Kabupaten pulau Morotai" Ujar Zulkifli Kamal. disamping itu penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung di SMA N 1 Kabupaten Pulau Morotai.

 




Baca Juga Ragam Kabar Berita Lainnya: