Profil Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Sejarah Dinas
Sejarah Dinas
Tahun 2013 merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Strategis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pulau Morotai untuk lima tahun kedepanyang Secara umum kebijakan, program dan kegiatan yang dirancang pada renstra ini disesuaikan dengan kondisi internal dan eksternal yang ada di Kab. Pulau Morotai.

Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tahun 2013-2016disusun berdasarkan UU No.20Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2010-2014 serta hasil evaluasi pelaksanaan program kerja 2009-2013.Hal ini dimaksudkan untuk menjamin kesinambungan dalam mewujudkan visi, misi, tujuan  dan sasaran.
Untuk mendukung hal tersebut diperlukan tata nilai dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan proses yang sesuai dengan visi dan misi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Komitmen mengimplementasikan tata nilai dalam pelaksanaan tugas sehari-hari merupakan dasar dan arah untuk bersikap dan berperilaku bagi semua penyelenggara pendidikan, dalam menyatukan dan mensinergikan seluruh sumber daya pendidikan.

Renstra Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini diharapkan menjadi pedoman bagi satuan kerja yang ada di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.Oleh karena itu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dituntut merestrukturisasi organisasi dan reorientasi pembelajaran yang berbasis pada peningkatan mutu dengan inovasi riset dan pembelajaran. Untuk itu harapan ke depan adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menjadi pengembang pendidikan yang berbasis kemajemukan pada sumber daya lokal yang unggul.

Renstra Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tahun 2013-2018 diberi tema “Membangun Masa Depan Pendidikan dengan Penguatan Keunggulan di Kab. Pulau Morotai”. Visi yang dirumuskan dalam RENSTRA 2013-2018 adalah; ”Pendidikan yang Unggul dan Berkualitas serta Berdaya Saing di Kawasan Pasifik

RENSTRA ini diharapkan menjadi pedoman bagi setiap unit kerja dalam lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Pulau Morotai dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program pengembangan pendidikan, kepemudan dan olahraga di Kab. Pulau Morotai.